Antoniusmario's Blog

diplomacy for a better world

MAU DI BAWA KE MANA NEGERI INI?

pada April 6, 2011

Pertanyaan seperti ini seringkali muncul dalam benak kita, ketika melihat berita di berbagai media yang memberitakan satu per satu kebobrokan negeri ini. Lantas apa yang terbesit di pikiran anda? Apakah anda tidak merasa tergerak untuk ikut membenahi negeri kita ini? Sebagai kaum muda hendaknya kita harus mulai memikirkan nasib negeri kita ini, karena kitalah yang akan memegang kekuasaan di negeri ini di masa yang akan datang. Ingat berbagai peristiwa besar di negeri ini dipelopori oleh kaum muda dan semuanya menghasilkan sesuatu yang luar biasa.

Salah satu penyebab kebobrokan adalah system pendidikan yang salah. Di sekolah, kita hanya di ajarkan bagaimana menjadi tahu dan bagaimana mendapat nilai bagus, tanpa di sertai bagaimana prosesnya. Kita hanya berjalan pada platform yang telah lama mengakar, tanpa ada kreatifitas di sana. Sebagai contoh bila kita di suruh menggambar pemandangan, dari dulu sampai sekarang pasti kita akan menggambar gunung lengkap dengan sawah dan mataharinya. Padahal masih banyak pemandangan yang lain. Mengapa ini terjadi? Ini terjadi karena dari kecil kita harus selalu mengikuti apa yang ditulis/ digambar guru kita, jika kita tidak mengikutinya maka nilai kitapun akan jatuh.

Untuk itu saya mengajak kaum muda sekalian untuk lebih berperan aktif dalam rangka membenahi negeri kita ini agar tidak semakin jatuh. Terlebih sekarang kita tengah memasuki globalisasi, di mana batas – batas antar Negara menjadi kabur. Jika kondisinya seperti ini terus negeri kita ini tidak akan pernah siap menghadapinya. Dan akibat lebih jauhnya akan meningkatkan kemiskinan dan kebodohan di negeri ini.

Kita harus berkaca pada Singapura, negeri kecil tetapi cukup berpengaruh di kawasan. Mengapa mereka begitu berpengaruh di kawasan? Karena kaum muda mereka selalu berpikir jauh ke depan dan memiliki visi yang kuat, sedangkan ini sulit ditemui pada kaum muda di negeri kita. Kaum muda kita cenderung pasrah. Sebagai contoh pemuda kita sudah merasa puas jika memiliki motor yang bagus dan handphone yang canggih, sedangkan pemuda di Singapura mereka berpikir jauh, bagaimana memiliki perusahan motor dan handphone tersebut.

Semoga apa yang saya tulis ini bisa bermanfaat bagi anda yang membacanya dan dapat menggugah jiwa anda untuk ikut memikirkan nasib negeri kita di masa yang akan datang. Saya juga meminta maaf jika ada kata – kata yang kurang berkenan.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: